Sabtu, 15 Agustus 2020

Situs Penyedia Ikon Gratis

Yuk Intip Cara Menghasilkan Uang dari Deviantart!

 DeviantArt

Situs pertama yang dapat dipakai para pengguna layanan web hosting Indonesia adalah deviantart.com. DeviantArt merupakan situs komunitas yang beranggotakan kumpulan seniman dari berbagai belahan dunia. Melalui situs ini, sobat dapat men-download hampir 200 ribu ikon secara gratis. Sebelum mendownloadnya, sebaiknya sobat Dewaweb perhatikan terlebih dahulu persyaratannya karena sebagian seniman memberikan syarat tertentu, seperti mengharuskan Anda mendaftar menjadi anggota DeviantArt terlebih dahulu.


Minicons

Para pengguna layanan hosting murah juga dapat mengakses situs Minicons yang di dalamnya menyediakan 210 ikon gratis untuk diaplikasikan dalam desain web dan wireframes. Ikon yang disediakan melalui webalys.com berbasis vector, dan sobat Dewaweb dapat mengunduh semuanya hanya dalam sekali klik saja. Sementara jika ingin mendapatkan ikon yang lebih lengkap, Anda dapat membayar $59 untuk mendapatkan 1500 ikon.


Socialico

Ada pula situs fontfabric.com dimana tersedia sebanyak 74 ikon dari paket Socialico yang gratis untuk Anda. Berbeda dengan kedua situs sebelumnya, disini pengguna layanan hosting Indonesia dapat menemukan ikon yang dirancang khusus untuk keperluan dan penggunaan jejaring sosial dengan bentuk yang tentunya bermacam-macam, mulai dari ikon Twitter, Facebook, sampai deviantART.


Fontello

Sementara jika sobat Dewaweb ingin membuat ikon sendiri, Anda dapat memanfaatkan situs fontello.com. Fontello menawarkan ikon komposer, memungkinkan Anda membuat ikon sesuai selera, menyesuaikan ukuran piksel, nama file dan bundle webfont yang dapat diunduh secara free. Untuk pembuatannya sendiri tergolong mudah dan Fontello juga menyediakan tutorial untuk sobat Dewaweb!


Freepik

Pengguna hosting murah pun dapat mengakses situs freepik.com yang menyediakan banyak ikon gratis dengan tampilan layaknya mesin pencarian. Yang menarik dari ikon dalam situs ini adalah ukurannya yang beragam, dimana selain dipakai untuk keperluan desain website, Anda juga dapat menggunakannya untuk keperluan presentasi, banner, iklan maupun majalah.


Sejarah

Sebelum kita membahas bagaimana cara menggunakannya, ketahui dulu asal mula Gravatar dan definisinya. Layanan avatar unik ini adalah sebuah representasi grafis seorang pengguna internet yang bisa digunakan untuk menunjukkan jati diri pengguna secara online. Dulu, saat internet masih lebih anonim dibanding sekarang, orang-orang menggunakan icon sebagai alat identifikasi, terutama di forum diskusi online. Namun, sekarang kita bisa menambahkan informasi lain selain icon.


Sejak internet semakin berkembang, website dan blogger menjadi semakin mainstream, mengenal seseorang hanya dari icon-nya saja menjadi lebih sulit. Sekarang, kamu perlu melakukan registrasi akun untuk bisa berinteraksi dengan orang-orang lain di suatu website. Tapi sebenarnya, kamu tidak perlu melakukan login berkali-kali untuk meninggalkan komentar di sebuah website atau blog. Jadi bagaimana cara mengidentifikasi pengguna? Yap, menggunakan Gravatar.


Definisi

Gravatar merupakan singkatan dari Globally Recognized Avatar yang bisa kamu pakai hanya dengan menggunakan email. Layanan ini sama saja dengan avatar biasa, tapi Gravatar di-host di single server dan kemudian bisa digunakan di berbagai website selama kamu menggunakan alamat email yang kamu gunakan untuk mendaftarkan Gravatar-mu.Beberapa website yang menggunakan CMS WordPress sudah memiliki built-in support untuk Gravatar. Jadi saat seorang pengguna meninggalkan komentar di website dengan menggunakan email dan website yang dikunjungi mendukung penggunaan Gravatar, foto profilmu akan ditampilkan. Gambar tersebut kemudian akan ditampilkan di sebelah komentarmu, menjadikannya alat identifikasi untuk pengguna internet.


Perlukah Kamu Menggunakan Gravatar?

Masih belum tertarik untuk menggunakan Gravatar? Tidak hanya karena kemudahan pembuatannya, ada beberapa alasan lain mengapa kamu perlu menggunakan fitur internet yang satu ini.


Kamu memiliki satu akun untuk semua website aktif yang kamu gunakan.Kamu bisa dengan mudah mengganti dan memperbarui foto Gravatar-mu dari satu website.Kamu bisa membangun personal branding. Kalau kamu menggunakan foto yang sama untuk akun media sosialmu, maka orang-orang akan mulai mengenalimu. Jika kamu memang menyediakan konten yang bermanfaat, maka orang-orang akan tertarik untuk mengikuti akun media sosial atau berlangganan konten dari website-mu.Ini juga bisa membantu meningkatkan traffic website. Orang-orang biasanya akan mengunjungi website-mu dengan mengklik username dari komentar yang kamu tinggalkan di website lain. Kalau kamu menggunakan foto yang menunjukkan wajahmu, akan lebih mungkin bagi para pengguna lain untuk mengunjungi website-mu. Gravatar membantu pengguna internet untuk mengidentifikasi identitasmu dan melihat siapa yang ada di balik akun tersebut.


Cara Membuat

Sudah siap membuat akun Gravatar-mu sendiri? Yuk, ikuti langkah-langkah berikut ini!


Kunjungi Websitenya

Pertama-tama, kunjungi website Gravatar terlebih dulu. Kamu perlu melakukan sign-in dengan menggunakan akun WordPress-mu. Jika belum pernah mempunyai akun WordPress.com, maka kamu bisa memilih untuk login dengan akun Google, Apple, atau membuat akun baru.